DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN SEMARANG
SHARE :

Susah Sinyal Internet, Disdik Kabupaten Semarang Fasilitasi Siswa Belajar Lewat Radio

5
10/2020
Kategori : BERITA DINAS
Komentar : 0 komentar
Author : disdikbudpora2020


Susah Sinyal Internet, Disdik Kabupaten Semarang Fasilitasi Siswa Belajar Lewat Radio

Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang meluncurkan program belajar jarak jauh (PJJ) melalui saluran radio yang diberinama SuPer On Air, Jumat (2/10/2020).Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo mengatakan program pembelajaran SuPer On Air merupakan kepanjangan dari Suara PGRI Mengajar di Udara (SuPer On Air). “Ini untuk mengurai keterbatasan sarana dan prasarana PJJ bagi mereka yang tidak memiliki handphone, atau susah sinyal,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Studio Radio Suara Serasi, Kabupaten Semarang, Jumat (2/10/2020)
Menurut Sukaton, sejak pandemi virus Corona (Covid-19) banyak kendala dalam kegiatan belajar mengajar. Praktik pembelajaran juga susah dimonitor, terlebih tidak semua orang tua dapat mendampingi siswa belajar mandiri. Ia menambahkan, selama ini sekolah di Kabupaten Semarang sebagian telah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Tetapi, yang belajar dari rumah lebih banyak.
“Yang kami ambil zonasi bukan sesuai wilayah kabupaten atau kecamatan tetapi desa dimana para siswa berada. PTM SD dan SMP yang sudah berjalan berkisar 61 persen, sedang TK belum,” katanya. Sukaton menjelaskan program pembelajaran lewat radio bagian dari inovasi menjembatani para siswa yang situasinya tidak memungkinkan lewat daring.
Dia mengungkapkan, secara teknis program tersebut akan terus dikembangkan termasuk pembuatan channel YouTube agar semakin memudahkan pola PJJ.
“Mulai besok Senin (5/10) akan kita mulai Minggu pertama jenjang SD kelas 4,5, dan 6. Kemudian SMP kelas 7,8, dan 9. Yang SD ada empat mapel Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA-IPS. SMP juga sama mapelnya bedanya ada Bahasa Inggris,” ujarnya.

Sumber : Tribunjateng.com
https://jateng.tribunnews.com/2020/10/02/susah-sinyal-internet-disdik-kabupaten-semarang-fasilitasi-siswa-belajar-lewat-radio.

Berita Lainnya

30
06/2022
Implementasi Pendidikan Karakter
Author : disdikbudpora2020
28
06/2022
27
06/2022
GEBYAR KARYA TK BA SURUH 01
Author : disdikbudpora2020
20
06/2022
Kegiatan Pelatihan Kompetensi di Bidang IT
Author : disdikbudpora2020


Tinggalkan Komentar