DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN SEMARANG
SHARE :

PELAJAR SMP NEGERI 2 AMBARAWA SABET JUARA OZONE2CLIMATE ART CONTEST 2022 ASIA PASIFIK

28
09/2022
Kategori : Artikel
Komentar : 0 komentar
Author : disdikbudpora2020


PELAJAR SMP NEGERI 2 AMBARAWA SABET JUARA OZONE2CLIMATE ART CONTEST 2022 ASIA PASIFIK

UNGARAN – Aisha Baby Joanna (14) pelajar SMP N 2 Ambarawa, Kabupaten Semarang berhasil menorehkan prestasi dalam lomba Ozone2Climate Art Contest 2022 Asia Pasifik tingkat regional yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pelajar kelas IX berpostur mungil itu menyabet juara 1 dan mengalahkan ratusan peserta lainnya untuk kategori menggambar usia muda.

Dijumpai saat jam istirahat sekolah, Baby (sapaan akrabnya) mengaku memiliki hobi menggambar sejak kecil. Namun, obyek yang digambarnya tidak spesifik pada benda tertentu.

“Gambarnya random (acak), karena memang suka menggambar,” ujarnya saat ditemui di SMP N 2 Ambarawa, Selasa (27/9/2022).

Mengenai ajang yang diikutinya itu, ia mendapatkan informasi tentang lomba Ozone2Climate Art Contest 2022 Asia Pasifik tersebut dari instagram resmi Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK pada bulan April 2022 lalu. Lomba yang melibatkan kerjasama antara United Nations Development Programme (UNDP), UNEP Ozon Action dan Unesco itu memiliki tiga kategori, yakni desain grafis, fotografi dan menggambar.

“Saya ikut yang kategori menggambar. Tema yang diambil waktu itu mengenai kampanye melindungi lapisan ozon,” terangnya.

Ditanya mengenai inspirasinya dalam menentukan obyek yang digambar, ia mengaku dari hasil observasi lingkungan sekitar. Selain itu, ia juga mencari informasi dari internet mengenai apa saja yang dapat merusak lapisan ozon.

“Ternyata pendingin ruangan (AC), kulkas dan beberapa benda-benda lain yang ada di rumah berpotensi merusak ozon karena mengandung Hydrofluorocarbon (HFC). Itu yang saya tuangkan ke dalam gambar hingga akhirnya bisa juara 1,” ucapnya.

Pelajar lain yang juga ikut mengharumkan nama SMP N 2 Ambarawa adalah Calysta Abriptu Zenna Maharani (14) pelajar kelas VIII dan Syavira Sekar Primadanti (15) yang kini duduk di bangku kelas IX. Calysta berhasil meraih juara 2 dalam perebutan Piala Presiden 2022 cabang olahraga Wushu kategori Taiji Quang dengan perolehan angka 9,01 yang digelar pada Minggu (18/9/2022) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Sedangkan Syavira terpilih mewakili sekolah dalam ajang Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada Agustus 2022 lalu. Ia berhasil lolos seleksi tingkat Gugus Depan (Gudep), Kwartir Ranting (Kwarran) hingga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) dan menjadi kontingen Jamnas.

Kepala SMP N 2 Ambarawa Heri Muryanto mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh anak didiknya tersebut. Sebab selain mengharumkan nama pribadi, apa yang sudah diraih itu juga membawa nama baik sekolah.

“Penghargaan tentunya akan kita siapkan. Tapi intinya adalah prestasi yang mereka raih menjadi motivasi bagi teman-temannya,” terangnya.

Mengenai pendampingan terhadap para anak didiknya, Heri mengaku sudah memiliki formula untuk mengetahui bakat apa saja yang dimiliki. Pada awal tahun ajaran, pihaknya telah menyiapkan formulir melalui google form untuk diisi para peserta didik. Dalam formulir tersebut tercantum bakat dan minat yang harus diisi sehingga pihak sekolah mempunyai bank data para peserta didik.

“Bank data itu yang kita breakdown di dalam Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) melalui ekstrakurikuler. Kita sudah memiliki pendamping untuk membimbing mereka. Selain itu, kita juga mendatangkan dari pihak luar jika dirasa perlu. Seperti pelatih tenis Gotong Royong Ambarawa dan pelatih panahan dari Perpani,” bebernya. (win)
Sumber : Rasikafm.com

Berita Lainnya

6
12/2022
GEBYAR SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 1 DAN 2
Author : disdikbudpora2020
29
11/2022
23
11/2022
HUT PGRI 77 KABUPATEN SEMARANG
Author : disdikbudpora2020
8
11/2022
POPDA KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022
Author : disdikbudpora2020


Tinggalkan Komentar